Rabu, 21 Desember 2016

Tugas Dasar-Dasar Manajemen 'Pengarahan Dalam Manajemen'

Hai, teman-teman dan semua yang di kampus Politeknik Negeri Lampung terutama program studi Manajemen Informatika. Kali ini saya akan sharing sesuatu, semoga bermanfaat bagi teman-teman semua maupun yang membacanya.

Pengarahan / Menggerakkan
(Actuating)
Menurut
GR. Terry : Actuating is setting all members of the group to wantto achieve and to strike to achieve the objective willingly and keeping with the managerial planning and organizing efforts.
Artinya : Pengarahan adalah membuat semua anggota kelompok, agar mau bekerja sama dan bekerja secara iklas serta bergairah untuk mencapai tujuan sesuai dengan perencanaan dan usaha pengorganisasian.

Jadi pengarahan adalah : kegiatan yang dilakuakan oleh pemimpin untuk membimbing, menggerakkan, mengatur segala kegiatan yang telah diberi tugas dalam melaksanakan sesuatu kegiatan usaha.


Pokok Masalah Yang Dipelajari pada Fungsi Pengarahan Yaitu :
1.      Tingkah Laku Manusia
      Kebutuhan karyawan selain gaji dan kompensasi yang sesuai, perlakuan yang manusiawi terhadap karyawan dapat mendorong peningkatan produktivitas kerja.
2.      Hubungan Manusiawi
      Dalam kehidupan berkelompok atau organisasi ini harus didasarkan atas kebutuhan, kepentingan, hormat menghormati,saling membutuhkan dan kerjasama di antara semua pihak untuk mencapai tujuan.
3.      Komunikasi
      Adalah suatu alat untuk menyampaikan perintah, laporan, berita, ide atau pesan atau informasi dari kominikator kepada kominikan agar diantara mereka terdapat interaksi.
      Proses komunikasi, terdiri dari :
-          Unsur  : komunikator, pesan, saluran, komunikan dan action.
-          Lambang : suara, tulisan, warna dll.
4.      Kepemimpinan
      Adalah seni seorang pemimpin mempengaruhi perilaku bawahan agar mau bekerja sama dan bekerja secara produktif untuk mencapai tujuan organisasi.
      Fungsi kepemimpinan :
-          Pengambilan keputusan dan merealisasi keputusan itu.
-          Pendelegasian wewenang dan pembagian kerja.
-          Meningkatkan hasil guna dan daya guna semua unsur manajemen.
-          Memotivasi bawahan supa bekerja efektif dan bersemangat.
-          Mengembangkan imajimasi, kreatifitas dan loyalitas.
-          Pemrakarsa, penggiatan dan pengendalian rencanA.
-          Mengkoordinasi kegiatan bawahan
-          Penilaian prestasi dan memberi teguran kepada bawahan.
-          Pengembanga bawahan melalaui pendidikan maupun pelatihan.
-          Memelihara aktivitas perusahaan dan bertanggungjawab atas emua tindakan kepada pemilik, pemerintah dan bawahan.
-          Memberi kompensasi, ketenangan, kesejahteraan pada karyawan dll.
      Unsur-unsur kepemimpinan :
      Pemimpin, bawahan, organisasi, tujuan dan lingkungan internal dan eksternal perusahaan.
      Gaya/tipe kepemimpinana menurut Malayu SP. Hasibuan :
1.      Kepemimpinan otoriter
Jika seorang pemimpin menganut sistem sentralisasi wewenang. Falsafah pemimpin, bawahan adalah untuk pemimpin dan menganggap dirinya paling berkuasa, paling pintar dan mampu. Pengarahan dilakukan dengan cara unstruksi dan perintah. Orientasi kepemimpinan hanya untuk meningkatkan produktifitas kerja karyawan namunn memperhatikan perasaan dan kesejahteraan karyawann
2.      Kepemimpinan partisipatif
Jika dalam pemimpin melakukan secara persuasif, menciptakan kerjasama yang serasi, menumbuhkan loyalitas dan partisipasi bawahan. Pemimpin memotivasi karyawan, pemimpin menerapkan sistem manajemn terbuka. Informasi dan pembinaan kaderisasi mendapat perhatian yang serius.
3.      Kepemimpinan delegatif
Jika seorang pemimpin mendelegasikan wewenang kepada bawahannya dengan agak lengkap, sehingga bawahan itu dapat mengambil keputusan dan kebijaka dengan agak bebas dalam melakukan pekerjaannya.









Mohon maaf bila saya ada kesalahan dalam kata-kata maupun dalam postingan saya.

BERBAGI ITU INDAH

0 komentar:

Posting Komentar